Rabu, 01 April 2015

Tips Membuat Burung Cucak Hijau atau Cucak Ijo Top Perform di Gantangan

Burung cucak hijau atau cucak ijo suaranya yang merdu saat melantunkan nyanyiannya membuat banyak penghobi maupun pecinta burung cucak hijau berlomba-lomba mencari burung cucak hijau yang mempunyai suara keras dan bermental baja. Penghobi maupun pecinta burung cucak hijau tentu menginginkan gacoannya top perform ketika digantangkan baik latber, latpres atau sekedar coba-coba tempelan dengan tetangga.

Tipsnya sebagai berikut:

  1. Sediakan sangkar yang luas agar burung cucak hijau leluasa bergerak idealnya 40x40x60
  2. Mengembalikan insting burung cucak hijau agar maksimal dalam menjaga daerah teritorialnya adalah dengan berusaha menjaga agar burung tetap berasa seperti di habitat aslinya dengan cara saat membawa burung cucak hijau ke tempat lokasi yang dituju usahakan siang hari.
  3. Jangan tempatkan burung di tempat gelap karena burung cucak hijau yang baru dipelihara (tangkapan hutan) biasanya takut gelap dan cenderung nabrak sangkar bila ditempatkan ditempat gelap.
  4. Kebiasaan burung jenis cucak2an adalah mandi disore hari antara jam 16.00 WIB - 17.50 WIB.
  5. Pakan dan extra fooding yang terpenting untuk mengembalikan suasana seakan burung masih berada di alam liar kita perlu sediakan macam buah yang biasa disantap oleh burung cucak di alam liar, antara lain : Buah Ampak (beringin alas), Buah ceri atau keres atau tismis, buah ciplukan, buah pohon salam, buah juwed dan buah pepaya kecil (lokal) sedangkan serangga kita bisa sediakan belalang hijau untuk mengembalikan suasana serasa berada dalam habitat aslinya.
  6. Jemur di tempat teduh jangan jemur di bawah terik sinar matahari.
  7. Jangan terlalu sering bertemu atau mendengar suara burung sejenis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar