Sabtu, 08 Agustus 2015

Efek Menggunakan Knalpot Racing pada Sepeda Motor Harian

Sekarang banyak orang mengganti knalpot standart pabrik dengan knalpot racing agar lebih terlihat keren. Memang terlihat lebih gahar dan keren jika diaplikasikan ke sepeda motor bermesin 2 silinder apalagi 4 silinder tetapi harus masih mengikuti batas db yg diperbolehkan. Namun ada beberapa efek yang perlu kita ketahui sebelum menggantiu knalpot standart dengan knalpot racing untuk sepeda motor harian kita, berikut efek-efek yang terjadi :
  1. Bisa berurusan dengan polisi. Memang sejauh ini belum ada undang-undang yang mengatur seberapa besar batas db yang diperbolehkan tetapi polisi bisa menggunakan alasan knalpot racing untuk menilang ketika ada razia.
  2. Membuat telinga tidak bisa mendengar sesaat (dalam istilah jawanya budheg). Jika menempuh jarak minimal 100 km menggunakan sepeda motor berknalpot racing setelah sampai di tujuan pasti telinga jadi berdengung dan mengalami tidak bisa mendengar sesaat.
  3. Tidak terlalu berpengaruh terhadap performa sepeda motor. Mau itu knalpot harga yang murah sampai mahal tidak terlalu mempengaruhi peningkatan performa sepeda motor. Memang di rpm bawah sampai tengah akselerasi tambah cepat tetapi di rpm atas ada yg tetap dan ada yang malah menurun. Agar performa sepeda motor bisa meningkat perlu setting karburator atau setting ECU (injeksi) tentu hal ini akan membuat bahan bakar lebih boros.
  4. Suara yang dikeluarkan knalpot racing keras dan menggelegar. Ketika kita sedang berjalan masuk di gang suatu desa dengan suara knalpot yang keras menggelegar dan kita melewati rumah seseorang yang sedang sakit mau tidur memejamkan mata tiba-tiba kita lewat dengan brom brom ngoeng, pasti dari mulut orang tersebut akan keluar kata-kata binatang atau makian apalah.
  5. Pemakaian BBM menjadi lebih boros. Menggunakan knalpot racing akan membuat pemakaian menjadi boros karena mesin bekerja lebih cepat dari standartnya.
  6. Pengguna menjadi arogan dengan sedikit intimidasi. Ketika berada di jalan raya menggunakan sepeda motor berknalpot racing pasti muncul perasaan ingin membleyer-bleyer grip gas dan akan menjadi orang yang arogan dengan sedikit mengintimidasi orang-orang di sebelahnya.
  7. Angin yang keluar dari knalpot seperti tonjokan bagi pengendara di belakangnya. Ketika berhenti di suatu traffic light dan di depan ada yang menggunakan knalpot racing pasti akan terasa tonjokan angin yang keluar dari knalpot ke wajah kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar